MENGENAL BERBAGAI JENIS BAHAN PEREDAM SUARA DAN PANAS UNTUK RUMAH ANDA

19 September 2022

Mengenal Berbagai Jenis Bahan Peredam Suara dan Panas untuk Rumah Anda

Indonesia adalah negara tropis dengan rata-rata suhu udara yang cukup tinggi sekitar 27 derajat celcius sepanjang tahun. Tingginya suhu ini menyebabkan pentingnya pemilihan insulasi peredam panas untuk tempat tinggal maupun tempat kerja yang tepat untuk memberikan suhu udara yang nyaman bagi penghuni rumah ataupun tempat kerja tersebut. Berikut beberapa pilihan Bahan Peredam Panas dan Suara yang popular di Indonesia:

 

  1. Alumunium Foil

Ini adalah salah satu bahan insulasi peredam panas untuk atap rumah yang cukup efisien. Alumunium Foil berbentuk lembaran dan memiliki banyak varian seperti Single, Doble atau Bubble yang dapat dipilih sesuai kebutuhan ruangan. Bahan ini dapat merefleksikan panas matahari hingga 97% dan meredam suara hingga 7db.

 

  1. Glasswool

Adalah bahan peredam suara dan panas yang terbuat dari Fiber Glass.

Ketebalan Glasswool berkisar 25mm- 50mm dengan densitas 25g/cm3 – 75g/cm3.

Bahan ini tahan api hingga 300 derajat celcius dan tahan air yang cocok dipakai untuk area lembab.

Cara pemasangan glasswool adalah dengan mengisi bahan ini di rongga antara dinding dan drywall ataupun dengan cara digantung diplafon sebelum pemasangan gypsum.

Pemakaian Glasswool sangat fleksible karena mudah dibentuk dan ramah lingkungan karena dapat didaur ulang.

Glasswool termasuk bahan yang sangat mudah diaplikasikan dengan harga yang cukup terjangkau.

Bahan ini sangat umum dipasang untuk Studio Musik sebagai peredam suara ataupun sebagai insulasi peredam panas untuk atap perkantoran, pabrik, dll.

 

  1. Rockwool

Adalah bahan peredam suara dan panas yang cukup popular yang terbuat dari serat mineral yang ringan dan berbentuk lembar.

Ketebalan Rockwool berkisar antara 50mm dengan densitas 30g/cm3 – 100g/cm3.

Bahan ini merupakan salah satu bahan yang paling baik dalam ketahanan api dan airnya. Keunggulan Rockwool lainnya adalah bahan ini memiliki ketahanan terhadap jamur dan isi seratnya lebih padat apabila dibandingkan dengan produk lain sehingga memberikan tingkat kedap suara yang lebih baik.

Dari keunggulan diatas, bahan ini dapat dikategorikan sebagai salah satu barang yang cukup premium dalam insulasi panas dan suara ruangan yang ada di pasar saat ini.